Badan Pendapatan Daerah Prov Kalbar
Image

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Beri Pembebasan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Pontianak 29/7/2020

Untuk meringankan beban masyarakat terhadap kewajiban dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor khususnya Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk kepemilikan kedua dan seterusnya, maka pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memberikan pembebasan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor kepemilikan kedua dan seterusnya. Pembebasan sanksi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan dilakukan agar wajib pajak memiliki kendaraan atas nama sendiri, sehingga tertib administrasi dan adanya kepastian hukum kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Sedangkan pembebasan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor untuk tahun kedua dan seterusnya dilakukan karena adanya data tunggakan pajak kendaraan bermotor yang masih tinggi, serta untuk tertib administrasi kelengkapan administrasi wajib pajak.

Pelayanan selama masa pandemi Covid 19 yang dilakukan Bapenda Provinsi Kalimantan Barat tetap memenuhi protokol kesehatan yaitu setiap wajib pajak wajib menggunakan masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan atau menggunkan hand sanitizer serta menjaga pembatasan jarak pada pelayanan Samsat dan gerai di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Pembebasan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor yang diberikan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 532/BAPENDA/2020 yang ditetapkan di Pontianak pada tangal 29 Juni 2020, dengan masa berlaku pembayaran dimulai sejak tanggal 30 Juni 2020 sampai dengan 30 September 2020. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dapat dilakukan pada Samsat maupun gerai-gerai yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat dengan Jadwal Pelayanan Samsat saat ini  :

Hari : Senin – Sabtu

Pukul  : 08.00 – 14.00 WIB